Webminar: Mendirikan Biro Psikologi & Tantangannya

27 Juni 2020,

Memiliki sebuah biro merupakan impian bagi sebagian lulusan profesi Psikolog. Minat untuk memiliki biro sendiri serta berpraktek secara mandiri dalam mengimplementasikan ilmu Psikologi merupakan suatu hal yang menarik. Topik ini disampaikan untuk memberikan informasi dan inspirasi kepada alumni lainnya dalam mendirikan biro Psikologi secara professional. Topik ini menjadi seru karena disampaikan langsung oleh praktisi Biro yang memulai prakteknya dari nol. Kak Yulia Wahyu Ningrum adalah seorang Psikolog yang memiliki Biro Psikologi sendiri yang berlokas di Kalimantan. Kak Yulia merupakan alumni Prodi Psikologi angkatan 1998. Bisa dikatakan sangat berpengalaman, karena dari awal merintis biro ini sangat dinamis.

Dalam materi ini dijelaskan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan dalam membuat Biro Psikologi. Mulai dari perijinan praktek, ruang konsultansi, pasar yang yang akan dituju, tujuan dari Biro itu sendiri dan yang tak kalah penting adalah keberanian dalam menghadapi tantangan yang setiap saat akan muncul ketika mendapatkan klien. Inspirasi yang menarik dari Kak Yulia adalah ketika dihadapkan dengan pilihan pekerjaan waktu itu atau fokus ke pengembangan Biro. Pada akhirnya dengan pilihan yang tepat, Kak Yulia dapat fokus dan mengembangkan Bironya sesuai dengan tujuan dan lingkup praktek profesinya.

Hal penting yang dibagi oleh Kak Yulia ketika kita mendirikan Biro Psikologi diantaranya: harus memiliki mental usaha, mampu berdiri sendiri, biro bukan bisnis karbitan jadi harus diseriusi, jangan mengharap untung untuk 3 tahin kedepan, keahlian yang dikuasai minimal bisa konseling, membangun reputasi dari awal, marketing dan jaringan ditingkatkan, fokus dalam mengelola biro, anti menolak klien artinya harus siap dengan kebutuhan klien, kuat promosi di media sosial, dan yang terakhir adalah pengelolaan manajemen keuangan yang baik.

Inspirasinya sangat menarik untuk dapat kita ambil pembelajarannya. Banyak hal positif yang bisa ditiru untuk dapat mewujudkan impian alumni lainnya untuk memiliki Biro sendiri dengan lingkup praktek profesi secara professional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *