Sadari Segera Potensi Anak Kita

“Adek ibu sudah daftarkan adek buat les ini ya…”

“Nak, ayah belikan alat musik ini, dipakai ya..”

Pernah kita mendengar kata kata tersebut semasa kita kecil? Pernahkah orangtua kita memaksakan suatu hobi kepada kita? Apa yang anda rasakan? Marah? Kesal? Merasa bahwa orangtua memaksakan kehendak pada kita? Ya tentu saja sebagai anak, itulah yang akan kita rasakan, tetapi pernahkah kita berpikir sebaliknya? Orangtua melakukan itu untuk kehidupan kita kedepanya seperti apa, serta untuk mengetahui BAKAT dan MINAT kita

Keberhasilan mendidik orangtua pada anaknya terlihat pada sikap yang dihasilkan anaknya saat dewasa, maka dibutuhkan kesadaran orangtua terhadap potensi yang dimiliki oleh anak anak kita baik dari akademis maupun non akademis. Potensi yang dimiliki oleh masing masing anak akan berbeda namun akan saling melengkapi dan sangat berharga untuk kehidupan anak di masa yang akan datang.Untuk itu sebagai orangtua dibutuhkan pengertian, kesabaran serta tolerandi yang mendalam.

Anak Anak juga memiliki fase untuk berkembang baik dari sisi fisik maupun psikologisnya, Tidak bisa orangtua memaksakan anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa untuk terus bersikap lucu dan penurut.

Berikut aadalah cara yang dapat digunakan orangtua untuk meningkatkan potensi yang dimiliki oleh anaknya:

  1. Segera menyadari apa dan pentingnya bakat tersebut.
  2. Sadari bakat apa yang dimiliki anak
  3. Ungkapkan pada anak ide ide tentang aktivitas atau karya yang dimiliki oleh anak sesuai bakatnya
  4. Mendampingi dan mendorong anak untuk terus beraktivitas sesuai bakat
  5. Memonitor dan mengevaluasi hasil atau karya anak.

Dengan cara tersebut orangtua juga akan lebih mudah untuk mendidik dan memberi saran bagaimana sebaiknya kehidupan anak tersebut. dengan menemukan minat dan bakat anak sama dengan Anda membantunya mendapatkan kebahagiaan.

Seseorang yang bahagia menjalani hari-harinya, yang tulus mengerjakan tugasnya bukan semata karena gaji atau bonus akan mendapatkan kepuasaan total. Kepuasan lahir dan batin.

Karena rasa bahagia dalam mengerjakan sesuatu akan mendorong kita bertindak secara total. Minat dan Bakat juga berkaitan erat dengan tujuan hidup. Anda tidak bisa bepergian tanpa menentukan tujuan terlebih dahulu. Setelah mengetahui tujuan, Anda akan berpikir bagaimana cara mencapainya dan dengan apa kita mencapainya. Hindari untuk menjalani hidup layaknya air mengalir, karena kita tak pernah tahu kemana arus akan membawa diri kita. Banyak orang yang putus asa karena kelelahan setelah bekerja keras. Tapi, hasil yang didapatkan tidak sebanding dengan energi besar yang telah dikeluarkan. Mereka seolah lari di tempat. Hanya mengitari siklus yang sama setiap hari. Terus berlari dan berusaha sekuat tenaga, tapi tak memperoleh kemajuan. Itu karena mereka tak mengetahui sumber daya apa yang dimiliki dalam dirinya. Sehingga, ia asal dalam mencari medan untuk ‘berperang’. Minat, bakat dan potensi unggul membantu kita menentukan tujuan jelas dalam hidup. Seperti Christiano Ronaldo yang tidak akan mencetak gol jika tak ada gawang. Layaknya, Daniel Pedrosa yang tidak akan berprestasi tanpa garis finish.

Tujuan atau visi membantu Anda dan anak-anak memilih area untuk berkarya dan bagaimana anak-anak mengerahkan seluruh sumber daya yang ia miliki secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *